ANALISIS STRATEGI SOSIALISASI PASAR MODAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan secara simultan antara variabel strategi sosialisasi pasar modal dan keputusan masyarakat berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Sumber data utama dari penelitian ini bersumber dari angket penelitian yang telah di isi oleh responden. Selain itu data juga didapat dari studi kepustakaan dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini.Temuan dari penelitian ini antara lain: (1) Terdapat hubungan yang signifikan secara parsial antara sosialisasi dan edukasi pasar modal melalui seminar pasar modal berpengaruh terhadap keputusan responden untuk berinvestasi di pasar modal. (2) Tidak terdapat hubungan yang signifikan secara parsial antara sosialisasi dan edukasi pasar modal melalui kampanye “Yuk Nabung Saham” berpengaruh terhadap keputusan responden untuk berinvestasi. (3) Tidak terdapat hubungan yang signifikan secara parsial antarasosialisasi dan edukasi pasar modal melalui permainan Stocklab tidak berpengaruh terhadap keputusan responden untuk berinvestasi. (4) Terdapat hubungan yang cukup siginifikan secara simultan antara variabel strategi sosialisasi dan edukasi pasar modal terhadap keputusan masyarakat berinvestasti di pasar modal.Kata kunci: Strategi Sosialisasi, Pasar Modal, Keputusan Berinvestasi, Edukasi Pasar Modal