Pengaruh Metode Pembelajaran Improve terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMA Negeri 4 Singkawang

Abstract

Secara khusus penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran improve terhadap pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear tiga variabel; 2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama diterapkannya metode improve; 3) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah dilaksanakannya metode improve. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis siswa, lembar obsevasi aktivitas siswa, dan angket motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran improve terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 4 Singkawang 2) aktivitas belajar siswa  selama diajarkan dengan metode improve tergolong aktif; 3) Motivasi belajar siswa setelah diajarkan dengan metode improve tergolong tinggi.