Keterampilan Proses Sains Siswa (KPS) dengan Model Predict Observe and Explain (POE) pada Materi Energi

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran Predict Observe And Explain (POE) pada materi energi. Jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode Pre-Eksperimental Design dengan one group pre-test post-test design. Seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri Kota Singkawang menjadi populasi dalam penelitian ini dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampel terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes soal pilihan ganda beralasan tentang KPS. Hasil N-gain sebesar 0,4 menandakan terjadinya peningkatan KPS siswa dengan kategori sedang. Kategori yang diperoleh menyatakan bahwa model POE baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat dijadikan salah satu pilihan model bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran fisika khususnya pada materi energi.