PENINGKATAN ADVERSITY QUOTIENT MELALUI STRATEGI FOCUS GROUP DISCUSSION PADA MAHASISWA
Abstract
Peningkatan Adversity Quotient melalui Strategi Focus Group Discussion pada Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi focus group discussion dalam meningkatkan adversity quotient pada mahasiswa program studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) IAIN Tulungagung. Penelitian menggunakan satu kelompok subjek (one group pretest-posttest designs). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa BKI angkatan 2016 kelas A, B,C, dan D, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pretest menunjukkan terdapat 10 mahasiswa yang memiliki skor adversity quotient rendah, kemudian 10 mahasiswa tersebut diberi treatment dengan intervensi strategi focus group discussion. Instrumen penelitian menggunakan inventori adversity quotient. Data dianalisis dengan menggunakan rumus paired sample t-test untuk mengetahui peningkatan tingkat adversity quotient pada kelompok eksperimen. Hasil analisis menunjukan bahwa strategi focus group discussion yang digunakan memberikan kenaikan yang signifikan. Kata Kunci: focus group discussion, adversity quotient, mahasiswa BKI