INSTRUCTIONAL ENGLISH READING MATERIALS USED BY TEACHER AT GRADE X SMKN I PANGKALAN KOTO BARU 50 KOTA REGENCY
Abstract
Materi bacaan adalah hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran membaca untuk mencapai tujuan pembelajaran. Mengingat pentingnya peranan bahan ajar membaca, maka bahan ajar membaca perlu dianalisa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bahan ajar membaca pada bidang studi bahasa inggris yang digunakan oleh guru di kelas X SMKN 1 Pangkalan memenuhi kriteria bahan ajar membaca yang bagus. Tujuan ini dipecah menjadi beberapa aspek : autentisitas, realitas, konteks dan berpusat pada kebutuhan siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Angket, lembar observasi dan wawancara merupakan instrumen yang digunakan pada penelitian ini. Sumber data pada penelitian ini adalah bahan ajar membaca bahasa Inggris yang digunakan oleh guru, siswa SMKN 1 Pangkalan kelas X khususnya jurusan pertanian yang berjumlah 50 orang, dan 1 orang guru bahasa inggris. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar membaca pada bidang studi bahasa inggris yang digunakan oleh guru belum memenuhi semua keriteria bahan ajar membaca yang bagus. Bahan ajar membaca tersebut belum memenuhi keriteria auntentisitas, realitas, konteks, dan berpusat pada kebutuhan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca pada bidang studi bahasa inggris yang digunakan oleh guru pada kelas X di SMKN 1 Pangkalan Koto Baru Kabupaten 50 Kota tidak dapat diklasifikasikan ke dalam bahan ajar membaca yang bagus.