ANALISIS KEMAMPUAN VISUAL THINKING DALAM MENYELESAIKAN DOMAIN SOAL PISA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan Visual Thinking dalam menyelesaikan soal PISA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Cihaurbeuti Ciamis dengan subjek penelitian berjumlah 3 siswa dari 33 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal PISA yang memuat 4 komponen indikator kemampuan visual thinking, yaitu: (1) Looking, (2) Seeing, (3) Imagining, dan (4) Showing and Telling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes soal kemampuan visual thinking, dan wawancara. Hasil penelitian adalah adalah: (a) Siswa kelompok kategori tinggi, sangat baik pada indikator 1, 3, & 4, dan baik pada indikator 2. (b) Siswa kelompok kategori sedang, sangat baik pada indikator 3 & 4, baik pada indikator 1 dan cukup pada indikator 2. (c) Siswa kelompok kategori rendah, sangat baik pada indikator 4 dan cukup pada indikator 1, 2, & 3.