PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERORIENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa buku ajar matematika yang berorientasi pada Penguatan Pendidikan Karakter pada materi Barisan dan Deret yang valid. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang meliputi tujuh langkah pokok, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi (perbaikan) desain, ujicoba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian berupa buku ajar matematika yang berorientasi Penguatan Pendidikan Karakter pada materi Barisan dan Deret sangat valid. Kevalidan buku ajar diperoleh berdasarkan data dari angket penilaian para ahli, yaitu ahli materi, ahli pendidikan, dan ahli media. Penilaian ahli materi mencapai kategori sangat baik, ahli pendidikan mencapai kategori sangat baik, dan ahli media mencapai kategori sangat baik. Sedangkan keterbacaan dan kepraktisan buku ajar diperoleh dari data angket penilaian siswa yang hasilnya mencapai kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa buku ajar matematika yang berorientasi Penguatan Pendidikan Karakter pada materi Barisan dan Deret layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika.