ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA SMK
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis keterampilan komunikasi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan metode pengambilan data adalah tes dan review. Penelitian dilakukan pada XII multimedia 2 SMKN 2 Pandeglang. Subjek penelitian ini adalah empat siswa yang terdiri dari field independent strong (FI1), field independent sedikit (FI2), field depended sedikit (FD1), dan field depended strong (FD2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa FI memiliki keterampilan komunikasi matematis lebih dari FD. Ada sedikit perbedaan antara FI dan FD. Subjek FI1 memiliki kemampuan untuk menganalisis, lebih suka bekerja secara individu, tidak berorientasi sosial. Bidang subjek sedikit independen (FI2) dan sedikit tergantung bidang (FD1) memiliki karakteristik yang serupa. Lebih suka bekerja kelompok daripada individu, membutuhkan bantuan, dan berorientasi sosial.