PENGARUH PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH (MA) DITINJAU DARI TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan metakognitif terhadapĀ  kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis peserta didik Madarasah Aliyah (MA) di tinjau tahap perkembangan kognitif (konkrit, transisi, dan formal). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest and postest non equivalent cotrol group. Populasi penelitian ini adalah seluruh Peserta didik kelas XI MAN 1 kota Serang, sampel dipilih dua kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes, tes berupa essay sepuluh soal kemampuan berpikir kreatif sedangkan non tes berupa angket disposisi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran metakognitif tidak lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang mengggunakan pembelajaran ekspositori dalam berpikir kreatif matematis. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari tahap perkembangan kognitif, tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Sedangkan dalam meneliti disposisi matemtis diperoleh hasil penelitian berupa, kelas yang menggunakan pembelajaran metakognitif lebih tinggi dengan kelas yang menggunakan ekspositori, terdapat perbedaan kemampuan disposisi matematis di tinjau dari tahap perkembangan kognitif, adanya pengaruh atau interaksi antara pendekatanĀ  pembelajaran dengan tahapan perkembangan kognitif.