KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK PESERTA DIDIK UNDERACHIEVER DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematik peserta didik underachiever dalam menyelesaikan masalah program linear. Peserta didik underachiever adalah peserta didik yang memiliki IQ tinggi, tetapi memiliki prestasi belajar rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan penalaran matematik peserta didik underachiever dan penyebab dari underachievement tersebut. Subjek penelitian sebanyak 2 orang dipilih secara porposive sampling berdasarkan pertimbangan hasil tes IQ dan prestasi belajar peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan penalaran matematik dan wawancara dengan teknik think aloud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek1 hanya dapat menarik kesimpulan dari pertanyaan dan memeriksa kesahihan argumen. Sedangkan Subjek2 dapat menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, menarik kesimpulan dari pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argumen, dan menemukan pola atau sifat dari gejala matematik untuk membuat generalisasi.