HUBUNGAN SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL ELICTING ACTIVITIES (MEAs)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik dengan Model Elicting Activities (MEAs) dapat melampaui ketuntasan ideal; (2) Selfconfidence peserta didik setelah menerima pembelajaran dengan Model Elicting Activities (MEAs); (3) Hubungan self-confidence dan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik menggunakan Model Elicting Activities (MEAs); (4) Mendeskripsikan hubungan indikator selfconfidence dengan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan angket self-confidence. Populasi pada penelitian ini yaitu siswakelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya, sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas VII H. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi dan uji independensi dua faktor. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik dengan menggunakan model Elicting Activities (MEAs) melampaui ketuntasan ideal/klasikal; (2) Selfconfidence peserta didik setelah menerima pembelajaran dengan model Elicting Activities (MEAs)berada pada kategori sedang; (3) Terdapat keterkaitan antara self-confidence dengan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik dengan menggunakan model Elicting Activities (MEAs); (4) Keseluruhan indikator pada self-confidence memiliki hubungan dengan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik. Kemampuan berpikir kreatif cenderung dipengaruhi oleh indikator percaya pada kemampuan sendiri, bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, memiliki konsep diri yang positif dan berani mengungkapkan pendapat.