PENDIDIKAN INKLUSIF BERBANTUAN HURUF LEMURIAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SINDROM ASPERGER

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan kasus Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sebagai penyandang Asperger Syndrom bernama Andre siswa kelas XII IPS di salah satu SMAN Kota Tasikmalaya yang terobsesi dengan peradaban nenek moyang bangsa Indonesia (Bangsa Lemurian). Tujuan penelitian yaitu: (1) mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dialami penyandang Asperger’s Syndrom, (2) mengetahui kebutuhan penyandang Asperger’s Syndrom, (3) membuat alternatif solusi baik berupa model pembelajaran ataupun media bantu pembelajaran, dan (4) meningkatkan minat dan hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan desain penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara: observasi, wawancara, studi dokumentasi dan tes hasil belajar. Data penelitian diperoleh dari beberapa narasumber, yaitu: Siswa bernama Andre, beberapa orang guru termasuk guru BP, keluarga dan teman sekelas Andre. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek mengalami permasalahan pada rendahnya minat baca pelajaran matematika, (2) subjek memiliki minat baca yang tinggi pada peradaban bangsa lemurian dan menguasai tulisan huruf lemurian, (3) subjek membutuhkan kesempatan penggunaan tulisan huruf Lemurian dalam menulis pelajaran, (4) pengembangan bahan ajar berbasis ethno Lemurian dapat mempermudah memahami materi, dan (5) adanya peningkatan minat baca dan hasil belajar yang signifikan dilihat dari nilai rata-rata ulangan.