PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP SELF CONCEPT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education adalah suatu model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pengajaran yang bertitik tolak dari hal-hal yang Real bagi siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran yang diterapkan pada kelas VII A SMP Negeri 3 Ciruas sebagai sampel yang dijadikan sebagai kelas eksperimen telah menunjukkan adanya peningkatan sikap siswa dalam hal inisikapnya adalah self concept. Pembelajaran yang dilaksanakan baik di kelas maupun di luar kelas akan bisa berjalan jika adanya siswa yang memiliki kreatifitas tinggi tentunya dalam berpikir. Salah satu penunjang adanya pola pikir siswa yang kreatif yaitu dengan adanya penerapan model pembelajaran yang digunakan seperti pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) tersebut yang berfungsi untuk Meningkatkan Self Concept ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran.