Strategi Berbasis Motivasi dalam Pengajaran Tahfidzul Quran si SMP IT Imam Syafi'i Samarinda

Abstract

Program menghafal al-qur’an SMP IT Imam Syafi’i Samarinda yang sudah empat tahun berjalan membawa semangat tersendiri bagi sekolah dalam upaya mencetak generasi yang qur’ani. Salah satu usaha yang dilakukan oleh yayasan, sekolah dan pembimbing ialah dengan melakukan strategi dalam pengajaran menghafal atau tahfidz qur’an. Memotivasi murid atau calon penghafal dalam upaya untuk menghafal al-qur’an adalah merupakan satu dari banyaknya strategi pembelajaran yang digunakan oleh pembimbing yang melibatkan motivasi dari yayasan, sekolah dan tentunya orang tua peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field work research) yang bertujuan untuk mengetahui strategi berbasis motivasi di SMP IT Imam Syafi’I Samarinda dalam memberikan semangat kepada peserta didik dalam menghafal al-qur’an. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, waka kurikulum dan beberapa guru. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis miles dan huberman dengan reduksi data, penyusunan data dan penarikan kesimpulan. Temuan penulis dalam penelitian ini yaitu : Pertama, motivasi yang diberikan kepada peserta didik meliputi motivasi material dan non- material, motivasi material yang diberikan ialah berupa penghargaan dari sekolah berupa beasiswa dan hadiah, adapun motivasi non- material berupa pujian, dorongan semangat dan muhasabah diri pada peserta didik. Kedua, adanya semangat peserta didik dalam menghafal al-qur’an yang didukung oleh yayasan, sekolah, guru serta orang tua menambah motivasi peserta didik dan mereka juga mampu mengikuti kegiatan pembelajaran baik itu formal dan non- formal dengan sangat baik.