KOMUNIKASI EDUKATIF ANTARA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

Interaksi edukatif adalah hubungan dua arah antara pendidik dan siswa dengan sejumlah norma sebagai media untuk mencapai tujuan pendidikan. Pendidik tidak hanya bertanggung jawab untuk menyampaikan materi pengajaran kepada siswa tetapi juga membentuk kepribadian siswa yang bernilai tinggi. Dalam pandangan modern, siswa tidak hanya dianggap sebagai objek atau sasaran pendidikan, tetapi juga harus diperlakukan sebagai mata pelajaran pendidikan. Karena keberhasilan atau kegagalan seorang pendidik dapat diukur dari aspek ini. Di sini pendidik adalah kunci untuk memegang kendali atas siswa. Artikel ini memiliki rumusan bagaimana gambaran komunikasi edukatif antara pendidik dan siswa dalam pendidikan Islam? Sedangkan tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendapatkan gambaran komunikasi pendidikan antara pendidik dan siswa dalam pendidikan Islam. Metode penulisan artikel ini adalah studi pustaka atau Library Research menggunakan teknik pengumpulan data yang diambil dari buku-buku ilmiah dan literatur yang relevan. Sedangkan teknik analisis data adalah Content Analysis, yaitu menganalisis data yang diperoleh dari buku atau literatur yang relevan. Kesimpulan dari penulisan artikel ini adalah bahwa dalam konsep pendidikan Islam komunikasi edukatif ditandai dengan adanya kecocokan antara nilai-nilai sebagai isi pesan dan dampak yang diinginkan oleh pendidik. Semakin tepat nilai yang diterima oleh siswa dan semakin jelas dampak yang diinginkan oleh pendidik, semakin efektif komunikasi pendidikan yang terjadi. Komunikasi edukatif yang berjalan secara efektif akan memungkinkan penyerapan makna pendidikan secara lebih penuh dan mendalam. Dengan demikian, komunikasi pendidikan adalah hal yang sangat penting dan signifikan dalam mendukung keberhasilan pembelajaran dalam pendidikan Islam