Probabilitas Bernoulli Untuk Cluster Status Sekolah Menengah Atas Di Indonesia
Abstract
Sekolah Negeri merupakan sekolah yang dioperasikan oleh negara dengan segala fasilitas gratis, mulai dari kelas hingga guru, sedangkan sekolah swasta merupakan satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh organisasi masyarakat atau yayasan yang berbadan hukum. Sekolah swasta berbentuk independen artinya dalam penyelenggaraannya sekolah tersebut tidaklah dikelola oleh pemerintah daerah, ataupun nasional seperti sekolah negeri. Pendirian sekolah swasta dididirikan atas nama perorangan, kelompok atau yayasan yang dilatarbelakangi tujuan yang beragam baik keagamaan, kebudayaan ataupun kedaerahan. Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa persebaran cluster menggunakan Bernoulli probability model pada jumlah sekolah negeri tingkat menengah atas di indonesia memiliki 5 cluster dan banyak tersebar di bagian Indonesia wilayah tengah dan timur. Provinsi-provinsi yang masuk ke wilayah clustertersebut berarti memiliki karakteristik yang mirip yang dimilikinya sehingga mengelompok kedalam satu kelompok yang sama. Sedangkan pada jumlah sekolah swasta tingkat menengah atas di indonesia memiliki 6 cluster dan banyak tersebar di bagian pulau jawa. Provinsi-provinsi yang masuk ke wilayah cluster tersebut berarti memiliki karakteristik yang mirip yang dimilikinya sehingga mengelompok kedalam satu kelompok yang sama. Public Schools are schools operated by the state with all free facilities, ranging from classes to teachers, while private schools are educational units organized by community organizations or legal entities. Private schools are independent in the sense that in the implementation of these schools they are not managed by the local government, or nationally such as public schools. The establishment of private schools is established in the name of individuals, groups, or foundations which are based on diverse objectives, be it religious, cultural, or regional. Based on the analysis that has been done, it can be concluded that the distribution of clusters using the Bernoulli probability model in the number of state high schools in Indonesia has 5 clusters and is widely spread in parts of Indonesia in the central and eastern regions. Provinces that enter the cluster area mean that they have similar characteristics so that they are grouped into the same group. Whereas the number of private high schools in Indonesia has 6 clusters and many are scattered in parts of the island of Java. Provinces that enter the cluster area mean that they have similar characteristics so that they are grouped into the same group