Pengaruh Hafalan Juz ‘Amma di Madrasah Diniyah Tafaqquh Fiddin Darul Ulum Terhadap Hasil Belajar Alquran dan Hadis di MTsN Rejoso Peterongan 1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hafalan juz ‘amma di madrasah Diniyah Tafaqquh Fiddin terhadap hasil belajar Alquran Hadis di MTsN Rejoso Peterongan I. Penelitian ini menitikberatkan pada aspek Hafalan juz ‘amma di Madrasah Diniah Tafaqquh Fiddin dan hasil belajar Alquran Hadis. Dari hasil nilai rata-rata semester ganjil. Di mana pelaksanaan kegiatan Tafaqquh Fiddin yang di ikuti siswa MTsN kelas VIII dan IX diharap memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Alquran Hadis. Metodologi penelitian untuk mengukur hipotesis menggunakan desain penelitian korelasional, yaitu hubungan antara dua variabel, korelasi diniyah Tafaqquh Fiddin (variable X) dan hasil belajar Alquran Hadis (variable Y), pengembangan instrument meliputi jenis data dan sumber data, metode pengumpulan data meliputi observasi, angket dan dokumentasi sedang teknik analisa data menggunakan SPSS v.20. Berdasarkan analisis bahwa Jika r hitung > r tabel maka Ho ditolak, Jika r hitung < r tabel maka Ho diterima. Dengan taraf kepercayaan 0.05 (5%), maka dapat diperoleh r tabel = 0,361 ternyata r-hitung lebih besar daripada r-tabel (0,679>0,361), sehingga Ho ditolak H1 diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara hafalan juz ‘amma di Madrasah diniah Tafaqquh Fiddin dengan hasil belajar Alquran Hadis di MTsN.