Studi Komparasi Hasil Belajar Fikih Siswa Antara Metode Mind Mapping dengan Metode Ceramah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Denanyar Jombang

Abstract

Guru sebagai subjek dan pengelola dalam pengajaran bertanggung jawab terhadap kesuksesan proses belajar mengajar. Kesuksesan tersebut bisa dilihat dari pemahaman dan penguasaan materi yang diajarkan. Untuk mendukung kesuksesan tersebut, seorang guru harus memiliki metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi dan kecenderungan anak didik sehingga mempermudah pemahaman mereka. Metode mind mapping adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk membatu mempermudah pemahaman dan daya ingat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil pembelajaran menggunakan metode mind mapping, metode cermah dan bagaimana perbedaan hasil dua metode tersebut. Peneltian ini menggunakan metode pegumpulan data dengan cara dokumentasi dan memberikan soal tes pada kelas kotrol VII K dan kelas eksperimen VII I, sedangkan untuk menganalisi data peneliti menggunakan uji t dengan cara manual. Berdasarkan perhitungan, dapat disimpulkan bahwa thitung lebih kecil dari ttabel yakni 1,388 < 2,002 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) ditolak dan hipotesis nol (Ho) diterima.