Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Santri

Abstract

Latar belakang penelitian ini merupakan interaksi yang dilakukan santri terhadap motivasi belajar. Tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar. Jenis penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis menggunakan rumus persentase dan statistik korelasi Product Moment. Sampelnya adalah santri Asrama IV Chos I Ainusyams berjumlah 40 santri. Variabel terdiri dari variabel bebas, interaksi teman sebaya dan variabel terikat, motivasi belajar. Dari data penelitian dapat diketahui persentase interaksi teman sebaya sebesar 53,1%. Sedangkan untuk motivasi belajar sebesar 52,8%. Keduanya tergolong baik, karena termasuk kategori 49%-74%. Hasil analisis korelasi product moment rhitung 0,777 dengan rtabel 0,320, taraf signifikansi 5%. Berarti rhitumg > rtabel (0,777>0,320), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar. Sehingga hipotesa yang berlaku adalah “Ada pengaruh yang signifikan antara Interaksi Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Santri di Asrama IV Chos I Ainusyams Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang.