Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Komunikasi interpersonal sejatinya menyatu dalam proses pembelajaran, berlangsung sepanjang waktu dan merupakan aktivitas intensif khususnya pada pembelajaran bidang studi Fikih di lembaga pendidikan madrasah. Komunikasi interpersonal dalam kegiatan pembelajaran menggariskan terjadinya suatu interaksi komunikatif dan berbagi informasi baik antar perorangan maupun kelompok. Tujuan utama yang menjadi fokus penelitian ini adalah terjalinnya komunikasi yang intersif antar warga madrasah dalam lingkup pembelajaran Fikih di ruang kelas dan intensitas keterampilan komunikasi interpersonal antar siswa. Penggunaan metode kuantitatif menjadi core inti dalam penelitian ini. Proses pengumpulan data dimulai sejak pra observasi, obervasi kelas, dilanjutkan interview, penggalian data melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian diketahui berdasarkan sampel sejumlah 32 orang siswa yakni DF = 32-2 = 30 dengan r tabel adalah 0,361,  0.046. Adapun  ternyata lebih kecil dari r tabel (0,046 < 0,361), dan ini menjadikan H0 diterima, sedangkan H1 ditolak. Kesimpulan akhir diperoleh hasil tidak terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi interpersonal dengan hasil belajar siswa bidang studi Fikih. Kontribusi yang diperoleh selama proses penggalian data diketahui sebesar 21, 16%. Adapun lainnya sebesar 100%-21, 16% = 78, 84% disebabkan adanya faktor lain yang berbeda.