Pengaruh Frekuensi Mengakses Media dalam Jaringan terhadap Motivasi dalam Membaca Buku Pelajaran Fiqih Siswa di SMK Telkom

Abstract

Pada saat ini banyak sekolah mengalami berbagai bentuk perubahan dalam penyajian materi pelajaran, dari yang awalnya berupa  bentuk buku cetak sampai berkembanglah teknologi yang memadai untuk para siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh frekuensi mengakses media dalam jaringan terhadap motivasi membaca buku pelajaran fiqih siswa sekolah SMK Telkom Peterongan Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dokumentasi dan angket. Teknik analisis penelitian ini menggunakan rumus prosentase dan rumus SPSS product moment. Dari data penelitian dapat diketahui prosentase frekuensi mengakses media dalam jaringan sebesar 99%. Sedangkan motivasi membaca buku pelajaran sebesar 98%. Hasil analisis product moment yaitu t hitung = 0.56 dan t tabel = 0,1779 ternyata t hitung lebih besar dari t tabel, sig. hitung = 0.56 lebih besar dari 0.05 artinya HO ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan:”terdapat pengaruh frekuensi mengakses media dalam jaringan terhadap motivasi membaca buku pelajaran fiqih siswa sekolah SMK Telkom Peterongan Jombang. Dengan adanya media dalam jaring dapat mendukung tercapainya motivasi membaca pelajaran fiqih siswa. Pada media dalam jaringan bertujuan agar siswa mendapatkan wawasan ilmu yang lebih luas  serta siswa dapat mengamalkan pelajaran fiqih pada diri sendiri dan lingkungan sekitar.