Analisis Kompetensi dalam Pembelajaran Mata Kuliah Alternatif Public Speaking di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Tahun 2017
Abstract
Di era globalisasi mahasiswa tidak hanya dituntut memiliki kemampuan bidang akademik, tetapi juga harus memiliki kemampuan keterampilan aplikatif sehingga diharapkan mahasiswa mampu mandiri atau mampu menciptakan lapangan kerja. Sehubungan dengan hal itu, Unipdu mengembangkan materi perkuliahan dengan menambah mata kuliah berbasis kompetensi dan ketrampilan, yakni Mata Kuliah Keterampilan Alternatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi ranah kognitif, afektif, psikomotorik dalam pembelajaran public speaking. Jenis penelitian ini dikategorikan penelitian deskriptif-kualitatif yang digali melalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknis analisis data yang digunakan ada tiga, yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Berdasarkan analisis tersebut dalam penelitian ini diketahui bahwa kompetensi ranah kogntif dalam pembelajaran public speaking meliputi enam aspek, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Sedangkan kompetensi ranah afektif dalam pembelajaran public speaking meliputi lima aspek, yaitu pengenalan, pemberian respons, penghargaan terhadap nilai, pengorganisasian dan pengamalan. Adapun kompetensi ranah psikomotorik meliputi lima aspek, yaitu meniru, manipulasi, ketepatan gerakan, artikulasi dan naturalisasi.