Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Taḥfīẓ al-Qur’ān: Studi Kasus di Asrama XI Putri Muzamzamah-Chosyi’ah Rejoso Jombang

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting untuk dipraktikkan yaitu adanya tindakan yang tidak di inginkan terjadi pada santriwati Muzamzamah-Chosyi’ah diantaranya moral remaja dari tahun ke tahun terus mengalami degradasi kualitas dalam segala aspek moral: tutur kata, ketawa, bicara sangat keras, perilaku, sikap, berpakaian, hijab, dan kejahatan terhadap teman,. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana nilai pendidikan karakter,proses pelaksanaan pembelajaran, faktor-faktor yang menghambat dan yang mendukung dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan taḥfīẓ al-Qur’ān . di Asrama Putri XI Muzamzamah-Chosyi’ah. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian teknik analisisdata,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter, proses pelaksanaan pembelajaran dalam progam taḥfīẓ dengan metode yang bervariasi, memberikan motivasi, keteladanan melalui metode cerita sehingga santri merasa nyaman dan mudah untuk menerima ilmu yang di sampaikan oleh ustazah. Santri akan mengikuti semua arahan ustazah demi kebaikan untuk dirinya.