Internalisasi Nilai-Nilai Pedidikan Akhlak Santri Putri Asrama X Hurun Inn Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang

Abstract

Kemajuan pengetahuan dan teknologi, tidak sedikit dampak negatifnya. Dampak berbahaya adalah kerusakan akhlak. Hingga pesantren menjadi pilihan masyarakat dalam pendidikan moral dan agama. Tujuan penelitian untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan pendidikan, internalisasi dan faktor pendukung dan penghambat  internalisasi nilai-nilai pendidikan Akhlak di Asrama X Hurun Inn. Jenis Penelitian kualitatif dengan Metode Pengumpulan Data observasi, dokumentasi, wawancara. Teknik  Analisis Data  dan Pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, Verifikasi dan Kesimpulan. Hasil penelitian Pelaksanaan pendidikan akhlak yaitu pembiasaan akhlak terhadap diri sendiri, menanamkan kesopanan dalam kebiasaan sehari-hari,dan membangun interaksi baik. Proses internalisasi nilai pendidikan akhlak dengan memberikan materi pendidikan dan metode pembentukan akhlak, seperti pembiasaan shalat berjamaah, membersihkan lingkungan. Faktor pendukung, dukungan dan dorongan  positif dari orangtua, teman. Faktor penghambat Faktor dari diri sendiri, seperti sering pulangnya santri, sehingga  akan ada kegiatan yang terlewatkan. Kebiasaan buruk dirumah pada saat di pondok dapat membuat kurang maksimalnya dalam melakukan kegiatan yang ada di  asrama.