Hubungan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot (PAIKEM GEMBROT) dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK
Abstract
Dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran guru harus menguasai berbagai cara mengajar. PAIKEM GEMBROT sebagai acuan pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan Penelitian mendeskripsikan PAIKEM GEMBROT dalam pembelajaran PAI, pembelajaran PAI dan hubungan PAIKEM GEMBROT dengan pembelajaran PAI. Jenis penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis menggunakan rumus prosentase dan rumus korelasi product moment. Prosentase PAIKEM GEMBROT sebesar 39,17%, Sedangkan pembelajaran PAI sebesar 38,04%. Keduanya tergolong belum baik, karena termasuk kategori <40%-0%. Hasil Analisis korelasi product moment yaitu rhitung 0,990 dengan rtabel0,339 dengan taraf signifikansi 5% ini, berarti rhitung lebih besar dari pada rtabel (0,990 > 0,339) sehingga Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Disimpulkan, terdapat hubungan yang signifikan PAIKEM GEMBROT di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang.