MENINGKATKAN PELAYANAN DAN AKUNTABILITAS MELALUI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PADA ADMINISTRASI SERVICE KENDARAAN BERMOTOR

Abstract

Abstract - The more the tightness of business competition requires every company to increase competitiveness continuously. Increased service and accountability in presenting data, both to customers and business owners/companies are expected to increase the competitiveness and resilience of the company. Will remain strong in every condition. Therefore, for the customer relationship with the company and the business owner to run the business well, the service will be improved by developing an information system. The model used in developing information systems is Rapid Application Development (RAD). The RAD method is an information system development with a relatively short time so the system development costs are lower. The steps in this research are data collection, system requirements planning, system planning, and implementation. Based on the Black-Box test results, the system developed has been following its function and the task of the user of the system is more easily and quickly completed, and the presentation of information and reports that will be given more quickly and accurately. Four reports will be made as accountability for work reports, reports work order requests, parts request reports, warranty claims, and after-sales service reports.Keywords - Service, Accountability, Development of Information System, Rapid Application Development (RAD)  Abstract - Semakin ketatnya persaingan bisnis, menuntut setiap perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya secara terus menerus. Meningkatan pelayanan dan akuntabilitas dalam penyajian data, baik kepada pelanggan maupun pemilik usaha / perusahaan diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan ketahanan perusahaan. Sehingga bisnis akan tetap kuat dalam menghadapi setiap kondisi. Karenanya agar hubungan pelanggan dengan perusahaan dan pemilik usaha dengan pelaksana usaha berjalan dengan baik, maka dilakukan peningkatan pelayanan dengan mengembangkan sistem informasi. Model yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi adalah Rapid Application Development (RAD). Metode RAD merupakan pengembangan sistem informasi dengan waktu yang relatif singkat sehingga biaya pengembangan sistem menjadi lebih rendah. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data, merencanakan kebutuhan sistem  (Requirement Planning), desain sistem (Design System) dan melakukan implementasi (Implementation). Berdasarkan hasil pengujian Black-Box Testing, sistem yang dikembangkan sudah sesuai dengan fungsinya sehingga tugas dan pekerjaan dari pengguna sistem lebih mudah dan cepat selesai, serta  penyajian informasi dan laporan yang akan diberikan lebih cepat dan akurat.Terdapat empat laporan yang akan dibuat sebagai pertanggung jawaban kasir ke workshop manajer, diantaranya  laporan work order, laporan permintaan suku cadang, laporan warranty claim dan after sales service report.Katakunci - Pelayanan, Akuntabilitas, Pengembangan Sistem Informasi, Rapid Application Development (RAD).