Implementasi Kurikulum Metode Ummi Kelas Tahfidz
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk (1) Mengetahui konsep metode ummi dalam pembelajaran kelas tahfidz. (2) Bagaimana implementasi metode ummi dalam pelaksanaan pembelajaran kelas tahfidz di Sekolah Menengah Atas Islam Bunga Bangsa Samarinda dan (3) Mengetahui kendala guru dalam pembelajaran metode ummi kelas tahfidz di SMA Islam Bunga Bangsa Samarinda. Menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode ummi dalam tahfidz Alquran. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi dengan teknik pembandingan data yang diperoleh dari hasil tes, hasil interview dan hasil observasi kemudian dengan sumber yang berbeda. Hasil penelitian menggambarkan implementasi kurikulum metode ummi kelas tahfidz di SMA Islam Bunga Bangsa sudah terlaksana dengan baik meliputi perencanaan kurikulum, pelaksanaan tahfidz, penilaian tahfidz, dan pengawasan tahfidz. Ditambah dengan Faktor pendukung metode ummi kelas tahfidz di SMA Islam Bunga Bangsa Samarinda, meliputi dukungan dari sekolah dan yayasan, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, sarana prasarana yang cukup representatif, dan pemberian motivasi guru tahfidz. Kemudian Faktor penghambat dari metode ummi kelas tahfidz di SMA Islam Bunga Bangsa Samarinda yaitu: Padatnya kegiatan siswa dan sekolah yang bersifat insidental, kurangnya motivasi siswa, dan kurangnya jumlah tatap muka. Kata kunci: implementasi kurikulum, metode ummi, kelas tahfidz