PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DESAIN GRAFIS DI SMK KARSA MULYA PALANGKA RAYA

Abstract

Abstrak - Method in this study is to use Classroom Action Research (CAR) which seeks to solve or answer the problems faced on the research subject. The results of this study indicate that using video media can improve the learning outcomes of students in the learning of Graphic Design X Multimedia Multimedia Vocational School Karsa Mulya Palangka Raya. This is based on the results of research results obtained in the learning activities carried out for two cycles, that it can be concluded: the use of video media can improve student learning outcomes, can be seen from the average pre-action with a value of 43.82, the average cycleVI with a value of 74.56 and in the fifth cycle obtained a value of 91.03 with specified completeness of 100%.Keywords: Video Media, Learning Outcomes, Graphic DesignAbstrak - Metode dalam penelitian ini ialah menggunakan Penelitian-Tindakan Kelas (PTK) yang berusahavmemecahkan atau menjawab masalah yang dihadapi pada subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan media video dapat meningkatkan hasil belajar pesertavdidik pada pembelajaran Desain Grafis kelas X Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Hal ini berdasarkan hasil penelitian hasil penelitian yang didapatkan nilai dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama dua siklus, bahwa dapat disimpulkan: penggunaan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dapat dilihat dari rata-rata pra tindakan dengan nilai 43,82, rata-rata siklusVI dengan nilai 74,56 dan pada siklusVII memperoleh nilai 91,03 dengan ketuntasan yang ditetapkan yaitu 100%.Kata kunci: Media Video, Hasil Belajar, Desain GrafisĀ