INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL NGATA TORO DALAM MEMBANGUN KARAKTER KONSERVASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Abstract

Abstrak: Ancaman banjir dan tanah longsor pada musim hujan sering terjadi di wilayah Kabupaten Sigi.  Sebagian besar wilayah ini berada pada kawasan pegunungan dengan morfologi yang bervariasi dan masyarakatnya hidup berdampingan dengan kawasan hutan. Siswa sebagai generasi penerus memerlukan pengetahuan untuk menjaga keseimbangan alam secara berkelanjutan. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal kedalam kurikulum sekolah. Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dapat membangun karakter siswa dalam mengkonservasi lingkungan di sekitarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka dengan pendekatan analisis deskriptif untuk menghasilkan informasi mengenai integrasi nilai kearifan lokal masyarakat adat Ngata Toro. Kearifan lokal masyarakat Ngata Toro merupakan salah satu bentuk contoh kearifan lokal yang masih dilestarikan. Masyarakat Ngata Toro dalam mengkonservasi dan mengelola hutan dengan menerapkan aturan-aturan yang apabila dilanggar akan mendapat saksi adat. Hal tersebut sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan hutan dan menjaga kesuburan tanah serta mencegah bencana banjir dan tanah longsor.Kata Kunci: Kearifan Lokal; Pendidikan Karakter; KonservasiAbstract:  The Rainy season potential for floods and landslides pose a threat of disaster in the Sigi Regency. Most of these areas are in mountainous regions with varying morphology and people living side by side with forest areas. Students as the next generation need knowledge to maintain the balance of nature in a sustainable manner. One way that can be done by teachers is by integrating the values of local wisdom into the school curriculum. Integration of local wisdom values can build student character in conserving the surrounding environment. This type of research is a qualitative study of literature study with a descriptive analysis approach to produce information about the integration of the local wisdom value of the Ngata Toro indigenous people. The local wisdom of the Ngata Toro community is an example of local wisdom that is still preserved. The Ngata Toro community in conserving and managing forests by applying rules that if violated will get an indigenous witness. Realize that this is very important to prevent forest damage and maintain soil fertility and prevent floods and landslides.Keywords: Local Wisdom; Character of Education; Conservation