PENGARUH KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI SEMESTER II UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Abstract

Keluarga sangat besar peranannya dalam mengajarkan, membimbing, menentukan perilaku, dan membentuk cara pandang anak terhadap nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat. Keluarga layaknya memberikan penanaman nilai-nilai yang dibutuhkan anak melalui suatu pola komunikasi yang sesuai sehingga komunikasi berjalan dengan baik, tercipta hubungan yang harmonis, serta pesan dan nilai-nilai yang ingin disampaikan dapat diterima dan diamalkan dengan baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 33 mahasiswa, karena jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 maka penelitian ini menjadi penelitian populasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistic korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan rumus Product moment, maka diperoleh hasil nilai rxyhitung lebih besar dari nilai rxytabel atau  0,813>  0,344 , sehingga hasil penelitian ini “Signifikan”. Dengan demikian kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: “ Ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi keluarga terhadap kecerdasan emosional mahasiswa program studi pendidikan geografi semester II Universitas Muhammadiyah Mataram Tahun 2016”