Pengembangan SDM pustakawan di Perpustakaan IAIN Kediri

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi pengembangan SDM pustakawan di perpustakan IAIN Kediri serta kendala-kendala yang dihadapi oleh perpustakaan dalam mengembangan SDM pustakawan. Metode penelitian dalam artikel adalah kualitatif, sedangkan sumber  datanya  adalah  data lapangan  yang  diperoleh  dari  pengamatan,  dokumentasi dan wawancara  dengan kepala  perpustakaan  dan  para  pustakawan  di  IAIN Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan SDM pustakawan di IAIN Kediri bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepustakawaan pada aspek manajemen, pengolahan dan pelayanan perpustakaan. Mulai tahun 2013-2019 terdapat 29 kegiatan pengembangan SDM, kegiatan-kegiatan tersebut bisa dikelompokkan menjadi:  kompetensi manajemen perpustakaan, kompetensi pengolahan bahan pustaka, kompetensi IT, Kompetensi penulisan karya ilmiah dan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) dan Literasi Informasi, dan terakhir kompetensi soft skills.  Kendala pengembangan SDM yaitu: kemapuan pustakawan dalam hal dasar-dasar kepustakawanan sangat beragam,  Pustakawan belum menguasai aplikasi dasar sistem informasi, Pustakawan tidak percaya diri sehingga minim tindak lanjut, minimnya anggaran pengembangan SDM, dan perpustakaan tidak otonom dalam merencanakan kegiatan pengembangan SDM. Kata Kunci: Pengembangan SDM, Pustakawan, Perpustakaan This article explores the development of librarians 'resources in the library of IAIN Kediri as well as the obstacles faced by the library in developing librarians' resources. The research methods in the articles are qualitative, while the source data is field data obtained from observations, documentation and interviews with librarians and librarians at IAIN Kediri. The results of this study indicate that the development of librarians' resources at IAIN Kediri aims to enhance the competency of librarians in the areas of library management, processing and service. From 2013-2019 there were 29 human resources development activities, which can be grouped into: library management competencies, library processing competencies, IT competencies, Scientific writing competencies and Credit List Assignment List (DUPAK) and Information Literacy, and finally soft skills competency. Human resource development constraints are: librarians' competence in terms of corporate fundamentals, Librarians have not mastered the basic application of information systems, Librarians are not confident enough to follow-up, minimal HR development budgets, and the library is not autonomous in planning human resources development activities. Keywords: development of librarians 'resources, librarian, library