Kuasa disiplin dalam kepemimpinan di perpustakaan (studi kasus Kepala Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe)

Abstract

Pendahuluan . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kekuatan yang terjadi dalam kepemimpinan di perpustakaan. Penelitian ini penting karena pembongkaran aturan untuk staf perpustakaan bukan hanya praktik disiplin, tetapi sebagai bentuk kekuatan yang tercermin oleh kepala perpustakaan.Metode Pengumpulan Data. Penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Kepala Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Lhoksumawe. Validitas data diuji menggunakan teknik triangulasi data.Analisis Data. Menganalisis menggunakan teori kekuatan disiplin Michel Foucault dengan melihat lima hal, yaitu: panopticsm, pemisahan tempat, dokumentasi, standardisasi penilaian dan penghargaan.Hasil dan Diskusi. Bentuk kekuasaan yang terjadi adalah pengawasan hierarki dan standardisasi penilaian yang dimanifestasikan dalam aturan verbal tentang waktu istirahat, papan tulis (program kerja), pemisahan jarak antara meja kerja, perbedaan bentuk tabel, kosongnya kinerja harian, standar kerja, verbal teguran dan pujian serta syukur.Kesimpulan. Tenaga berjalan secara produktif dan lancar sehingga staf tidak menyadarinya. Dalam studi ini, saya hanya menggambarkan bagaimana kekuatan direalisasikan dan didistribusikan oleh kepala perpustakaan melalui aturan. Untuk penelitian lebih lanjut, Anda dapat mengambil dari staf "bagaimana" mereka menerima kekuatan dan mereka menjalaninya. Kata kunci: Kekuatan disiplin, Bentuk kekuatan, Badan jinak, Aturan, Perpustakaan.