Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 1 Kendari

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Posing Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MAN 1 Kota Kendari, yang dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan tes dengan soal pilihan ganda. Hasil penelitian menggunakan uji hipotesis (uji t). Dari hasil uji t pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thit < ttab yaitu 0,25 < 2,00. Hasil uji t posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thit> ttab yaitu 4,24 > 2,00. Hasil uji t gain kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thit> ttab yaitu 3,38 > 2,00, pada taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pembelajaran Problem Posing Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MAN 1 Kendari.Kata Kunci:  Problem Posing Learning, Keterampilan Berpikir Kritis