PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE (DER) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR DAGANG BESAR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2015-2018
Abstract
Ringkasan - Tujuan di lakukan penelitian ini yaitu untuk menguji dan melihat pengaruh dari Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Leverage (DER) terhadap Profitabilitas perusahaan manufaktur sektor Dagang Besar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Pada penelitian ini adapun metode yang digunakan yaitu metode pendekatan kuantitatif dan dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini adapun populasi yang di gunakan ialah 37 Perusahaan Dagang Besar. Pada penelitian ini juga adapun teknik yang di gunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Sampling, yaitu dengan 16 sampel perusahaan. Adapun teknik analisis data yang di gunakan ialah analisis linear berganda, koefisien determinasi, Uji asumsi klasik, Uji-F, Uji-T. Dari hasil penelitian hipotesis secara simultan diketahui bahwa Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Leverage (DER) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada Profitabilitas perusahaan. Hasil penelitian hipotesis secara parsial menunjukkan Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas perusahaan sedangkan Pertumbuhan Penjualan dan Leverage (DER) tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas perusahaan. Hasil analisis koefisien determinasi yang di peroleh dari nilai adjusted R Square sebesar 0,176 atau 17,6% yang berarti pada penelitian ini variabel Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, dan Leverage (DER) memiliki hubungan terhadap Profitabilitas sebesar 17,6% dan 82,4% di pengaruhi oleh faktor lain di yang tidak termasuk dalam penelitian.Kata Kunci : Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Leverage (DER), Profitabilitas Perusahaan.