Pembelajaran IPA Berbasiskan Integrasi Inkuiri Terbimbing dengan Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasiskan integrasi inkuiri terbimbing dengan Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dengan design penelitian non equivalen control grup design. Penelitian dilaksanakan pada bulan September-Desember tahun pelajaran 2018 dengan sampel kelas eksperimen berjumlah 40 siswa dan kelas kontrol berjumlah 40 siswa pada kelas VIII SMP N 21 Pekanbaru. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar. Motivasi belajar dalam penelitian ini terdiri atas: hasrat, dorongan, harapan, penghargaan dan menarik. Hasil penelitian ini ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata post test motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen sebesar 3.26 dibandingkan kelas kontrol sebesar 3.12 setelah dilaksanakan intervensi (P<0,05). Hal ini jelas bahwa penggunaan integrasi inkuiri terbimbing dengan NHT dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan salah satu alternative proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.