Pengaruh Penggunaan Mind Map Terhadap Pemahaman Konsep Stoikiometri
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh penggunaan mind map terhadap pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri atas 80 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa yang belajar menggunakan mind map sebesar 85,50 lebih besar daripada nilai rata-rata pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa yang belajar menggunakan ceramah dengan nilai 80,35. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa yang belajar menggunakan media mind map lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang belajar dengan ceramah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan mind map lebih efektif dibandingkan metode ceramah terhadap kemampuan pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa