EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AGAMA KRISTEN MELALUI MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI PERGURUAN TINGGI TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA KRISTEN TENTANG GAMBAR DIRI

Abstract

 ABSTRAK-Status sebagai mahasiswa memiliki nilai, gengsi dan prestise tersendiri. Namun fakta berbicara bahwa pengaruh pengetahuan, filsafat dan nilai-nilai yang diterima seringkali mengaburkan gambar dirinya. Oleh karena itu mahasiswa Kristen perlu memiliki pemahaman gambar diri yang alkitabiah melalui pembelajaran Agama Kristen di kampus serta hidup sesuai dengan gambar dirinya di dalam Yesus Kristus.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran Agama Kristen melalui mata kuliah Pendidikan Agama Kristen (PAK) terhadap pemahaman mahasiswa Kristen tentang gambar diri.  Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen.  Sampel penelitian sama dengan populasi yaitu 51 mahasiswa Kristen yang mengambil mata kuliah PAK di lingkungan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Instrumen penelitian menggunakan Angket. Hasil penelitian uji regresi menunjukkan nilai R Square sebanyak 31,3%. Hal ini menunjukkan bahwa PAK memberikan sumbangan efektif terhadap pemahaman mahasiswa Kristen tentang gambar diri sebesar 31,3%. Kata kunci: Efektivitas, Pendidikan Agama Kristen, Pemahaman, Gambar Diri ABSTRACT-Status as a student has its own values, qualities and prestige. But the facts speak that the influence of knowledge, philosophy and accepted values often obscures his self-image. Therefore Christian students need to have an understanding of the biblical self-image through learning Christianity on campus and living according to their own image in Jesus Christ. This study aims to determine how effective the learning of Christianity through Christian Religious Education Courses (PAK) is towards Christian students' understanding of self-image. This research is quantitative with the Quasi experimental method. The research sample is the same as the population of 51 students who take PAK Courses in the University of Sebelas Maret Surakarta. Research instruments using a questionnaire. The results of the regression test showed the value of R Square was 31.3%. This shows that PAK contributed effectively to the understanding of Christian students about self-image of 31.3%.  Keywords: Effectiveness,  Christian Religious Education, Understanding, Self-Image