PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK ANYAMAN PANDAN
Abstract
Strategi pemasaran dapat menentukan alternatif tindakan yang memungkinkan perusahaan mencapai misi dan dan tujuan dengan cara terbaik. Home Industry Saiyo Sakato merupakan industri rumahan kerajinan tangan yang mengolah pandan menjadi sebuah produk yang dapat dipasarkan. Usaha pengembangan Home Industry dalam upaya meningkatkan daya saing mengalami kendala, baik dari pemasaran maupun yang lainnya, seperti, target penjualan tidak tercapai, keuntungan yang diinginkan dan menurunnya penjualan jenis item produk serta tidak merata penjualan setiap item produk. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam memasarkan produk untuk menciptakan minat beli konsumen adalah penggunaan bauran pemasaran (Marketing Mix 7P) dengan pengolahan data menggunakan regresi linier berganda dengan tujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dan menghasilkan sebuah strategi pemasaran agar target yang diinginkan tercapai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa varibel independen (7P) secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhada minat beli konsumen, hal ini ditunjukkan dengan F hitung 13.258 > F tabel 2.17. Kemudian dari tujuh faktor tersebut dapat diketahui bahwa faktor promosi dan produk paling berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan faktor promosi t hitung 7.762 > t tabel 1.69 serta faktor produk dengan t hitung 1.749 > t tabel = 1.67. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan SPSS 16 For Windows dengan metode regresi linier berganda, strategi pemasaran yang akan dikembangkan pada faktor promosi dan produk karena berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Faktor ini efektif dalam strategi pemasaran, karena terdapat perbedaan yang siginifikan sebelum dan sesudah penggunaan faktor ini.