PRODUKTIVITAS LAYANAN POS PAY DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD DI PT. POS CABANG PEKANBARU

Abstract

Tingginya tingkat persaingan didunia bisnis mengakibatkan pihak perusahaan harus lebih meningkatkan Produktifitas perusahaan. Terjadinya kekosongan, adanya perbedaan pelayanan dan panjangnya antrian pada layanan Pos Pay membuat perlunya dilakukan suatu pengukuran terhadap Produktifitas perusahaan. Pengukuran Produktifitas pada penelitian ini dinilai menggunakan metode pengukuran Balanced scorecard dengan metodologi penelitian; observasi,wawancara dan kuesioner. Pengukuran ini dilakukan untuk menilai Produktifitas perusahaan berdasarkan perspektif pelanggan serta untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan oleh pihak manajemen perusahaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produktivitas layanan Pos Pay kantor pos indonesia cabang pekanbaru dinilai Cukup Baik. Hal ini ditunjukkan dari indikasi perspektif pelanggan yaitu: pada variabel retensi pelanggan mengalami peningkatan dengan indikasi nilai Baik dan akusisi pelanggan yang mengalami peningkatan dengan indikasi nilai buruk serta indikator lingkungan organisasi pada presepsi kepuasan pelanggan mengalami tingkat validitas paling rendah. Agar tercapainya Visi dan Strategi maka perusahaan harus memperbaiki variabel Akusisi pelanggan dan indikator lingkungan organisasi yang dinilai masih kurang baik terhadap Produktifitas perusahaan.