Peran dan Strategi Marketing Funding Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri KCP Panakukang Kota Makassar

Abstract

This article reviews the role and strategy of Marketing Funding in increasing the number of customers in Bank Syariah Mandiri KCP Panakkukang, Makassar City. This study uses qualitative research methods with a descriptive approach. Data collection with interview, observation, documentation techniques. The results of this study indicate that the role of marketing funding in Bank Syariah Mandiri Panakukkang KCP Makassar City is considered as an important part of the company because the function of marketing funding or funding officer is as a party directly involved with customers who will save their funds in the bank. This can be seen in the achievement of the number of Bank Syariah Mandiri customers which continued to increase from 2016 to 2018. Thestrategy marketing funding carried out by Bank Syariah Mandiri Panakkukang KCP in order to increase customer interest in saving at the bank is by grouping customers, setting targets or its market target and positioning bank funding products to be offered to prospective customers.Keywords: Marketing Funding, Customer Interest, Bank Syariah MandiriArtikel ini mengulas peran dan strategi Marketing Funding dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Panakkukang Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dengan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran marketing funding di Bank Syariah Mandiri KCP Panakukkang Kota Makassar merupakan bagian yang penting dalam performa perbankan syariah karena fungsi marketing funding atau funding officer adalah sebagai pihak yang terlibat langsung dengan pihak nasabah yang akan menyimpan dananya di bank. Hal ini dapat dilihat pada pencapaian jumlah nasabah Bank Syariah Mandiri yang terus meningkat dari tahun 2016 hingga tahun 2018. Adapun strategi marketing  funding yang dilakukan Bank Syariah Mandiri KCP Panakkukang dalam rangka peningkatan minat nasabah menabung pada bank tersebut adalah dengan melakukan pengelompokan nasabah, menentukan target atau sasaran pasarnya serta memposisikan produk funding bank yang akan ditawarkan kepada calon nasabahKata Kunci: Marketing Funding, Minat Nasabah, Bank Syariah Mandiri