Manajemen Strategi Galeri Investasi Syariah Dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah

Abstract

The level of financial literacy in Indonesia is still low, there are still many millennials who are not familiar with investment in the Islamic capital market. This study aims to explain the management of strategies undertaken by the Islamic Investment Gallery in attracting students to invest and find out the obstacles faced in attracting investors. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques are interviews with management, MNC Securities and investors management, b) Documentation, c) Direct observations at the IDX Sharia Investment Gallery. The first research results that the management of strategies in increasing student interest in investing in the Islamic capital market, including: a) Environmental observation; b) The formulation of strategies has not been implemented much, c) Implementation, is still not maximized; d) Evaluation and control, still need special monitoring and control strategies currently still not effective. Secondly, the factors that influence students' interest in investing are: a) Internal factors; b) Social factors; and c) emotional motives.Keywords: Management Strategy, Islamic Investment, Student InterestTingkat literasi keuangan masyarakat di Indonesia yang masih rendah, masih banyak generasi milenial yang belum mengenal investasi di pasar modal syariah. Penelitian ini bertujuan menjelaskan manajemen strategi yang dilakukan Galeri Investasi Syariah didalam menarik minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh Manajemen Galeri Investasi syariah dalam menarik investor. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara kepada manajemen galeri, Manajemen MNC Sekuritas dan para investor, b) Dokumentasi berupa foto-foto hasil wawancara, c) Observasi langsung pada Galeri Investasi Syariah BEI. Hasil penelitian yang pertama bahwa manajemen strategi dalam meningkatkan minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal syariah, di antaranya yaitu: a) Pengamatan lingkungan; b) Perumusan strategi masih belum banyak yang diterapkan, c) Implementasi, masih belum maksimal; d) Evaluasi dan pengendalian, kegiatan masih perlu pemantauan khusus dan pengendalian strategi saat ini masih belum efektif. Kedua bahwa faktor yang mempengaruhi minat berinvestasi yaitu a) Faktor dari dalam; b) Faktor sosial; dan c) Motif emosional.Kata Kunci: Strategi Manajemen, Investasi Syariah, Minat.