PEMIKIRAN ABDUL FATTAH ABU GHUDDAH TENTANG KONSEP KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB AL RASULUL MU’ALLIM

Abstract

Kompetensi guru adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh seroang guru dalam menjalankan fungsi dan tugasnya untuk mentransfer pengetahuan, mendidik, mengembangkan potensi peserta didik sehingga tercapai tujuan pendidikan. Keberadaan guru dalam dunia pendidikan sangat urgen dan signifikan. Keberhasilan atau kegagalan proses pendidikan sangat bergantung pada guru. Seorang guru yang berkompeten akan memberikan dampak yang signifikan terhadap  keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kompetensi guru pendidikan Islam dalam kitab al Rasulul mu’allim wa asaalibuhu fit ta’lim yang ditulis oleh Syeikh Abdul Fattah Abu Ghuddah. Pendidikan Islam telah melewati masa yang panjang dalam perjalanannya, diawali dengan diutusnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam sebagai seorang guru sejati yang telah berhasil melahirkan generasi terbaik dari umat Islam ini. Rasul adalah sosok guru yang harus dijadikan suri tauladan dan panutan bagi seluruh guru pendidikan Islam. Keberadaan Rasul sebagai seorang guru sejati dipaparkan oleh Syeikh Abdul Fattah dalam kitabnya al Rasulul mu’allim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam pendidikan Islam itu ada enam yaitu kometensi pedagogik religus, kompetensi kepribadian religius , kompetensi professional religius, kompetensi sosial religius, kompetensi global religius dan kompetensi emosional religius.