Eksistensi Mahasiswa Kelas Internasional dalam Meningkatkan Pemahaman Kontekstual Hadits Santri Asrama IAIN Samarinda

Abstract

Kelas Internasional bertujuan untuk mencetak generasi-generasi unggul dibidangnya. Hasil dari program kelas Internasional diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di IAIN Samarinda, melalui eksistensi mahasiswa sebagai upaya meningkatkan pemahaman Hadits santri asrama IAIN Samarinda dalam mewujudkan Indonesia emas 2045. Tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengajaran di kelas Internasional di IAIN Samarinda, bagaimana pemahaman santri asrama terhadap hadits, dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh mahasiswa kelas Internasional IAIN Samarinda dalam mewujudkan Indonesia emas 2045, serta tingkat pemahaman hadits santri asrama IAIN Samarinda. Desain penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas internasional IAIN Samarinda dan santri asrama IAIN Samarinda. Instrument yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah eksistensi mahasiswa kelas Internasional mampu meningkatkan pemahaman hadits santri asrama IAIN Samarinda demi terwujudnya Indonesia emas 2045.