Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 6 Samarinda

Abstract

Kepala sekolah selaku pimpinan memiliki tanggung jawab terhadap sesuatu yang ada di sekolah termasuk guru sebagai tenaga pendidik, tentu kepala sekolah harus bisa mengatasi masalah yang berkaitan dengan guru dalam hal ini peningkatan kompetensi pedagogik guru. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kopetensi pedagogik guru di SMA Negeri 6 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data primernya adalah kepala sekolah dan guru SMA Negeri 6 Samarinda, sedangkan sumber data sekundernya adalah dokumen-dokumen, laporan, dan hasil penelitian yang relevan. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 6 Samarinda, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru telah dilaksanakan cukup baik. Mengacu pada peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik yaitu peran kepala sekolah sebagai edukator, manajer, supervisor, dalam hal meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan mengelola pembelajaran, perencanaan pelaksanaan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil belajar. Untuk meningkatkan kompetensi pedagogik kepala sekolah membantu guru dengan mengirimkan guru mengikuti berbagai pelatihan, memberikan penilaian kerja dan memberikan penghargaan pada guru yang berprestasi.