PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan pendidikan Islam dalam keluarga terhadap pengembangan karakter anak di Rukun Tetangga (RT.17) Kelurahan Bukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remajan berusia 11-15 yang berada di Rukun Tetangga (RT.17) Kelurahan Bukit Pinang yang berjumlah 33 orang, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh, yakni jumlah populasi 33 remaja usia 11-15 tahun sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan kuisioner angket. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan hipotesis di uji mengunakan rumus uji t. Dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang cukup antara pelaksanaan pendidikan Islam dalam keluarga terhadap pengembangan karakter anak di Rukun Tetangga (RT.17) Kelurahan Bukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu. Sedangkan interpretasi (koefisien determinasi) variabel X terhadap variabel Y sebesar 30,59% yang berarti 69,40% prilaku remaja masih dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup antara pendidikan Islam dalam keluarga terhadap pengembangan karakter anak di RT.17 Kelurahan Bukit Pinang.