Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan menggunakan rancangan faktorial  dilaksanakan pada siswa SMP kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada peserta didik yang dibelajarkan dengan pendekatan RME, hasil belajar matematika peserta didik yang memiliki motivasi belajar intrinsik lebih tinggi dari peserta didik yang memiliki motivasi belajar ekstrinsik. Selain itu terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran RME dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Hal ini menunjukan bahwa Pendekatan RME cocok di belajarkan pada peserta didik yang memiliki motivasi belajar intrinsik.