PROBLEM POSING: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA

Abstract

Siswa di salah satu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Malang memiliki daya nalar, inovasi, dan kemampuan komunikasi yang rendah. Hal ini ditunjukkan oleh sebagian besar siswa tidak mampu mencapai nilai SKM dan tidak memperhatikan saat teman melakukan presentasi. Berdasarkan observasi, siswa yang tidak mencapai nilai SKM adalah 68 %. Solusi yang diterapkan untuk memecahkan masalah ini adalah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan problem posing. Proses pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa. Pembelajaran yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah problem posing. Data dikumpulkan melalui observasi dan hasil tes formatif pada setiap akhir siklus. Keterlaksanaan pendekatan problem posing mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 80% menjadi 90% pada siklus II. Kemampuan komunikasi siswa juga mengalami peningkatan, yang pada siklus I sebesar 67,6% dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II menjadi 75% dengan kriteria baik. Sementara untuk prestasi belajarpun mengalami peningkatan, pada siklus I rata-ratanya sebesar 69,7 dan pada siklus II naik rata-ratanya menjadi 85,7