IMPLEMENTASI CONCEPT CHECKING QUESTION (CCQ) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TARUNA TERHADAP KONSEP-KONSEP KOSAKATA, GRAMMAR, DAN TEKS BAHASA INGGRIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Concept Checking Questions (CCQs) sebagai sebuah teknik questioning dalam meningkatkan pemahaman taruna terhadap unsurunsur bahasa seperti tata bahasa dan kosakata, selain meningkatkan pemahaman terhadap unsur bahasa, CCQ dalam penelitian ini juga digunakan dalam meningkatkan pemahaman membaca taruna terhadap teks bahasa Inggris. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes bahasa Inggris, kuesioner, dan observasi lapangan. Metode penelitian ini menggunakan rancangan classroom action research (penelitian tindakan kelas) dimana proses implementasi CCQ ini dilakukan di dalam kelasuntuk melihat peningkatan pemahaman taruna terhadap unsure bahasa dan keterampilan bahasa terutama membaca. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan CCQ mampu meningkatkan pemahaman taruna terhadap konsep-konsep kosakata dan tata bahasa serta text, dengan capaian nilai rata-rata 82dari nilai yang telah ditentukan sebesar 75.