MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS XII SMA NEGERI 2 PANDEGLANG

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan kemampuan menulis siswa masih rendah, dan dianggap kegiatan menulis sebagai tugas yang berat. Anggapan tersebut timbul karerna kegiatan menulis memerlukan banyak tenaga, waktu, serta perhatian yang sungguh-sungguh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran berbasis pendekatan portofolio dalam menulis cerpen, mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan model pembelajaran berbasis pendekatan portofolio, serta mengetahui kelebihan dan kelemahan model pembelajaran berbasis pendekatan portofolio dalam menulis cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secarateoretis dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pratindakan, perlakuan model portofolio siklus I, dan perlakuan model portofolio siklus II. Hasil penelitian memberikan simpulan bahwa penggunaan model pembelajaran portofolio dalam menulis cerpen dapat meningkatkan hasil belajar.