Etika Bisnis Islam: Sebuah Kajian Komparatif

Abstract

Suatu norma atau etika merupakan pencerminan dari nilai filosofis yang mendasarinya. Ekonomi kapitalis misalnya memiliki nilai filosofis yang berangkat dari pemikiran Protestan ethics yang dikembangkan oleh Calvin (calvinisme). Ekonomi Islam, terlepas dari perdebatan apakah termasuk kedalam ilmu yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari sistem ekonomi yang ada saat ini, memerlukan fondasi pemikiran filosofis yang kuat. Sejak tahun 1970-an, kajian ilmiah tentang Ekonomi Islam semakin banyak diteliti, mulai dari metodologi; worldview; body of knowladge, hingga teori-teori ekonomi. Seiring dengan berkembangnya ilmu Ekonomi Islam tersebut, maka timbul pemikiran mengenai bagaimana cara berbisnis secara Islami. Untuk menjaga agar bisnis yang dilakukan dengan ajaran Islam, maka dibutuhkan serangkaian aturan moral dan etika bisnis Islam. Paper ini bertujuan untuk memaparkan konsep etika bisnis Islami yang dimulai dari landasan filosofis hingga praktek prilaku bisnis dilapangan. Selain itu, paper ini juga mengkomparasikan etika bisnis Islam dengan berbagai konsep-konsep etika bisnis lainnya seperti etika bisnis Protestan & Judeo-cristian, etika bisnis Buddha, dan etika bisnis Hindu.